• McDonough Puggaard posted an update 2 years, 8 months ago

    SariAgri – Sebagai upaya membekali semangat kemandirian bagi anak-anak remaja di Panti Asuhan Muhammadiyah, Kelurahan Medokan Semampir, Kecamatan Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur,  Tim mahasiswa Unair memberikan pelatihan ketrampilan membuat Aquascape. 

    Menurut ketua tim, Jeremy Christian Santoso aquascape merupakan seni mengatur tanaman, air, batu, karang, kayu, dan benda lainnya dalam akuarium. Berbeda dengan akuarium yang hanya berfokus untuk merawat ikan hias, aquascape lebih pada seluruh komponen di dalam media seperti tanaman, air, batu, karang, dan kayu.

    “Aquascape berbeda dengan akuarium, untuk akuarium kita hanya berfokus untuk merawat ikan hias saja namun untuk aquascape kita berfokus pada semua yang ada di dalamnya yaitu tanaman, air, batu, karang, dan kayu,” jelas Jeremy, penanggung jawab kegiatan kepada SariAgri, Selasa (4/5). 

    Tim mahasiswa Unair juga menyiapkan dua ekor kura-kura dan tiga ekor ikan hias untuk hidup di taruh di dalam aquascape tersebut.

    Jeremy menjelaskan langkah pertama yang dilakukan untuk membuat aquascape adalah dengan mencuci pasir terlebih dahulu dengan air mengalir. Pasir yang telah dicuci kemudian dimasukkan ke dalam akuarium untuk dijadikan sebagai alas.

    Pasir yang sudah dimasukkan di dalam akuarium kemudian diisi sedikit air secara perlahan agar tidak keruh. Setelah itu, barulah aquascape dapat dihias dengan batu karang dan tanaman hias.

    “Tak lupa anak-anak juga diajarkan cara menggunakan filter, menguras akuarium, cara memberi makan ikan, memegang ikan, dan merawat kura-kura,” lanjut mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) UNAIR tersebut.

    Berita Perikanan Terkini Menurut Jeremy, meski membuat aquascape dapat dikatakan sedikit susah karena ada beberapa teknik yang perlu dikuasai, namun peserta yang masih anak-anak remaja tersebut sangat antusias. Mereka dengan mudah memahami hal-hal yang telah Jeremy ajarkan.

    “Anak-anak di sini senang apabila diajak berkarya jadi kami ingin memberikan kenang-kenangan sekaligus menerapkan ilmu yang kami pelajari di perkuliahan yaitu aquascape,” pungkasnya.

    Video terkait: